Makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil

Tuesday, October 12, 2010

Makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil
Makan sehat selama kehamilan adalah hal yang sangat penting. Kebanyakan orang biasanya berpikir bahwa wanita hamil bisa makan apapun dan kapanpun mereka inginkan, tetapi studi menunjukkan bahwa itu tidak benar.

Ibu hamil tidak berarti harus memperhatikan nutrisi khusus buat anda. Jangan lupa untuk melakukan program diet yang bergizi dan berimbang demi kesehatan anda dan calon bayi. Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah makanan yang mengandung magnesium, seng, asam folat, Vitamin D dan B12. Disamping itu perlu juga protein, tiamin, riboflavin, Vitamin C, kalsium, Besi, Tembaga dan Yodium.

Oleh karena itu ibu hamil harus menghindari makanan dan minuman berupa:
  1. Seafood - Makanan laut merupakan sumber protein, besi dan Omega 3. Tetapi ada beberapa makanan laut yang mengandung merkuri dan perlu dihindari yaitu ikan pedang, ikan hiu, ikan dalam kemasan/makarel, ikan tile.
  2. Daging dan Unggas - Makanan yang berbahan dasar daging yang harus anda hindari yaitu burger, sosis, hot dog dan deli meat karena makanan tersebut mampu menyebabkan penyakit Listeriosis.  Sebaiknya masaklah daging dengan menggunakan thermometer daging.Diary produk - Mozzarella keju, susu krim dan keju cottage dapat dijadikan sebagai bagian dari diet sehat anda. Hindari konsumsi susu yang tidak mangalami proses pasteurisasi karena dapat membahayakan kesehatan anda dan bayi.
  3. Kafein - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi  200 miligram kafein perhari mampu memperlambat pertumbuhan janin. Oleh karena itu hindarilah kafein selama kehamilan.
  4. Alkohol - dapat menyebabkan keguguran dan kematian pada bayi. Ibu hamil sangat dilarang mengkonsumsi alkohol selama masa kehamilan.
  5. Teh herbal - Mengkonsumsi teh dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan kontraksi pada bayi. Pastikan meminta petunjuk dokter jika anda ingin mengkonsumsi teh herbal saat hamil.

0 comments:

Post a Comment