Sakit pinggang dan punggung pada masa kehamilan

Monday, October 18, 2010


sakit pinggang dan punggung pad masa kehamilan
Sendi menjadi lebih feksibel pada saat kelahiran semakin dekat. Berat badan yang semakin naik serta postur berdiri atau duduk yang tidak benar menjadi faktor utama penyebab sakit pinggang.Posisi kepala bayi yang mengarah ke bawah juga menjadi penyebab tertekannya tulang belakang. Hal lain yang menimbulkan nyeripinggang adalah kondisi kasur yang terlalu lembut dan bouncy. Kasur tersebut tidak dapat menopang tubuh saat ibu hamil berbaring.

Biasanya sakit punggung teras pada saat kandungan mulai membesar, akibat postur rubuh yang mulai berubah. Untuk mengurangi sakit pinggang ibu hamil harus memperhatikan postur tubuh setiap saat. Pada saat berdiri dan pada saat duduk. Berdiam pada satu posisi dalam waktu lama sangat tidak dianjurkan. Hindari sepatu berhak tinggi karena akan membuat punggung semakin melengkung. Lakukan latihan olah tubuh secara rutin. Yoga atau pilates semakin digemari oleh para ibu hamil karena teknik peregangannya dapat mengurangi kekakuan otot dan sendi tubuh. Jangan melakukan peregangan sendiri apalagi secara berlebihan. 

Berpijatlah secara teratu, satu kali dalam seminggu denganterapis berpengalaman memijat ibu hamil. Disamping mengurangi sakit pinggang, pijat secara rutin akan membuat tubuh tidak bengkak selama kehamilan memasuki usia tujuh bulan keatas.
Setiap hari lakukanlah gerakan seperti ini selama 20  menit :

Berbaringlah dengan posisi terlentang, taruh kedua kaki diatas kursi. Posisi ini dapat meluruskan lekukan tulang lumbar dan merilekskan otot pinggang bawah yang pegal.

0 comments:

Post a Comment