Mencegah alergi pada anak sejak lahir.

Saturday, October 30, 2010

Mencegah alergi pada anak sejak lahir.
Alergi adalah salah satu penyakit yang tidak bisa diobati. Penderita alergi biasanya akan menghindari salah satu makanan yang menyebabkan tubuhnya gatal atau kesakitan.
Akan tetapi bagi para ibu tidak perlu berkecil hati karena alergi dapat dicegah dan pencegahannya pun tidak terlalu sulit.Trik mencegah alergi yaitu sebagai berikut :

 
1. Cermati reaksi tubuh
Buatlah semacam buku harian yang berisikan catatan makanan dan reaksinya terhadap tubuh. Jika ada makanan tertentu yang dicurigai, konsultasilah dengan dokter ahli alergi.

 
2. Malnutrisi menyebabkan kekebalan tubuh menurun.
Jika kekebalan tubuh menurun maka tubuh lebih rentan terhadap alergi. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Untuk menghindari kekurangan atau kelebihan zat tertentu, variasikan jenis makanan sebanyak mungkin, lalu gunakan secara bergiliran sehingga asupan nutrisi dalam tubuh bisa saling melengkapi.

 
3. Penurunan nutrisi dalam proses pengolahan makanan
Untuk menghindari hilangnya nutrisi pada makanan, jangan masak makanan terlalu lama atau jangan menghangatkannya sampai berkali-kali. Serta jangan biarkan makanan yang bersifat asam terkontak dengan perlengkapan masak berbahan logam. Peralatan yang berbahan aluminium sebaiknya dihindari.

 
4. Makanan perusak fungsi otak
Ada beberapa makanan yang dapat mengganggu kinerja fungsi otak,meskipuntidak melibatkan sistem imun (intolerans) di antaranya adalah salisilat, tartrazin (zat pewarna makanan)nitrat, amine, monosodium glutamat (MSG), dan bahan kimia lain yang banyak terdapat dalam bahan olahan. Sebaiknya sebisa mungkin konsumsi makanan segar dan kurangi konsumsi makanan olahan.

 
5. Perkuat sistem kekebalan tubuh dengan menghindari stress.

 
6. Olah raga secara teratur.
Berolahragalah secara teratur. Olah raga akan memperlancar sistem metabolisme tubuh, membuang racun, sekaligus memperkuat kekebalan tubuh.

 
7. Lakukan detoksifikasi (bila diperlukan)

0 comments:

Post a Comment