Kreasi menu - Tips efektif untuk meningkatkan nafsu makan anak

Friday, October 15, 2010


Permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para ibu di seluruh penjuru dunia adalah susahnya mengajak anak untuk makan. Padahal tumbuh kembang anak sangat bergantung dengan zat gizi makanan yang dimakannya. Anak sering rewel dan tidak mau makan akan tetapi anak lebih suka memilih makan jajan yang kurang sehat.
Selain itu ibu harus selalu memperhatikan kondisi psikologis anak. Kenapa anak selalu menolak untuk makan. Apakan yang menyebabkan hilangnya nafsu makan anak. Beriku ini adalah tips bagaimana mengatasi anak yang susah makan dan membangkitkan selera makan anak.
  1. Ibu harus mengurangi bahkan menghindari untuk membelikan jajan atau makanan padat kalori ketika anak menangis atau rewel. Hal ini akan membiasakan anak untuk sering mengemil jajan - jajan itu. Seperti: manisan, permen, coklat, soft drink, dll
  2. Buatlah menu makanan untuk anak dengan menu yang bervariasi setiap harinya. Usahakan setiap hari menu makan anak berbeda dan bergizi.
  3. Perhatikan jajan dan cemilan yang anak makan setiap harinya. Ibu harus mengetahui porsi makan anak. Jangan biarkan makanan ringan tersebut membuat anak kekenyangan.
  4.  Biasakan anak untuk serapan sebelum beraktivitas pada pagi hari. 
  5. Jangan kenalkan anak dengan jenis makanan yang cepat saji seperti mie instan yang memiliki kalori tinggi dan terkadang mengganggu pencernaan anak.
  6. Kenali jenis makanan yang anak anda suka.
  7. Kreasikan sajian untuk makanan dengan bentuk yang unik dan menarik perhatian anak.
Selain memberikan makanan pokok yang sehat dena bergizi bagi anak, jangan lupa beri anak aneka buah setiap harinya. Pasti nafsu makan anak akan lebih meningkat.

0 comments:

Post a Comment