Daging olahan mengandung nitrosamin penyebab kanker

Monday, December 27, 2010

Daging olahan mengandung nitrosamin penyebab kanker
Ibu mungkin merasa tidak mengenalnya, tapi secara tidak sadar ibu dan keluarga telah mengkonsumsinya. Dalam daging olahan seperti sosis, corned, dan daging asap terdapat nitrosamin yang dapat menyebabkan kanker. Nitrosamin merupakan senyawa karsinogenik (penyebab kanker) yang biasa ditemukan pada makanan yang diawetkan dengan menggunakan nitrit. 

Nitrit sering digunakan sebagai bahan pengawet daging, ikan serta keju agar bakteri pembusuk tidak berkembangbiak. Daya mengawetkannya bertambah besarbila ditambahkan garam dan asam. Penggunaan pengawet dibatasi dalam jumlah 150 mg/kg daging.

Nitrosamin akan terbentuk apabila nitrit bereaksi dengan senyawa amino sekunder karena suhu tinggi yang terjadi saat menggoreng daging olahan. Makanan yang mengandung nitrosamin akan menyebabkan kanker, terutama kanker perut. Untuk mengatasinya, dalam proses pengawetan daging, sering ditambahkan asam askorbat yang dapat menghambat pembentukan nitrosamin. Jadi, bila ibu dan keluarga tidak mau terkena kanker, batasi konsumsi daging olahan yang diawetkan.

0 comments:

Post a Comment