Perut kembung pada masa kehamilan

Friday, December 24, 2010

Perut kembung pada masa kehamilan
Para ibu sering sekali khawatir ketika mengalami perut kembung dan sendawa pada masa kehamilan. Sebenarnya hal ini adalah sesuatu yang sangat wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Perut kembung saat hamil disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh ibu. Hormon ini akan merilekskan jaringan otot halus di seluruh tubuh termasuk pada saluran pencernaan.
Sehingga sistem pencernaan dalam tubuh berjalan dengan lamban dan tidak teratur. Dari lambatnya pencernaan ini menyebabkan terkumpulnya gas dalam saluran pencernaan.
Masalah perut kembung juga dapat terjadi karena terganggunya gerakan peristaltik usus atau karena meningkatnya cairan asam lambung. Hal seperti ini lebih sering terjadi pada ibu hamil yang sebelum memasuki masa kehamilan mereka pernah menderita maag. Dan jangan khawatir karena masalah ini tidak akan mengganggu bagi pertumbuhan bayi Anda dalam janin.Dengan adanya cairan amnion yang melindungi tekanan dari luar, maka janin akan aman dalam rahim Anda. Namun, akan menjadi masalah jika perut kembung mengakibatkan Anda tidak berselera makan sehingga mengurangi asupan nutrisi untuk janin.
Untuk mengatasi masalah perut kembung, Anda harus tetap mengkonsumsi makanan sedikit demi sedikit namun sering. Aturlah jumlah asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Tidak perlu mengkonsumsi makanan dalam porsi besar karena akan memicu perut kembung dan justru menyebabkan sistem pencernaan bekerja tidak menjadi efisien. Cara ini bertujuan agar asam lambung tidak memiliki kesempatan sama sekali untuk naik.

Adapun beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena mudah membentuk gas seperti ubi jalar, kol, nangka, minuman bersoda, dan lobak. Jika masalah ini tidak kunjung hilang, segera hubungi dokter dan mintalah obat yang dapat mengurangi masalah Anda ini dan tentunya aman bagi kehamilan.

0 comments:

Post a Comment