Khasiat buah apel untuk kesehatan ibu dan anak

Monday, December 6, 2010

Khasiat buah apel untuk kesehatan ibu dan anak
Apel adalah buah yang sangat digemari oleh hampir setiap manusia dewasa dan anak-anak. Apel memilii rasa yang khas, manis, asam, renyah, segar dan sejuta rasa terdapat di buah apel. selain itu banyak orang menjadikan buah apel sebagai buah favorit karena manfaatnya yang luar biasa.
Banyak sekali manfaat terdapat di buah merah ini khususnya untuk ibu dan anak. Maka dari itu konsumsilah apel setiap hari untuk badan fit dan segar setiap saat.

Manfaat buah apel untuk kesehatan :
  1. Dapat menurunkan berat badan dan mencegah diabetes. yaitu dengan cara mengkonsumsi buah apel setiap harinya tiga buah secara rutin. karena buah apel menambah kandungan  asam galacturonic dalam tubuh yang menurunkan kebutuhan insulin dan dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula bagi penderita diabetes.
  2. Melindungi tulang dan mencegah osteoporosis karena buah apel mengandung flavanoid yang disebut phloridzin yang sangat tinggi.
  3. Bagi ibu hamil mengkonsumsi jus buah apel memiliki manfaat tersendiri yang begitu dahsyat. Kandungan boron dalam buah apel juga memperkuat tulang dan  membantu menanggulangi  penyakit Asma. Satu studi menemukan bahwa anak-anak penderita asma yang minum jus apel setiap hari dapat mengurangi penderitaannya daripada mereka yang tidak minum. Selain itu, anak-anak yang lahir dari wanita hamil yang mengkonsumsi apel setiap hari akan mengurangi tingkat resiko menderita asma.
  4. Buah apel adalah solusi terbaik untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Karena buah apel mengandung pektin , jadi orang yang mengkonsumsi buah apel minimal dua buah setiap hari dapat menurunkan kolestrol sebanyak 16 persen dalam satu harinya.
  5. Tingginya kadar flavonoid quercetin dan naringin yang ditemukan dalam apel dapat melindungi tubuh dari kanker paru-paru. Terutama jika konsumsi apel secara rutin dalam setiap harinya.
  6. Mengurangi resiko terjangkitnya kanker payudara. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi aple satu buah setiap hati.
  7. Ekstrak kulit apel dan kandungan pektin apel akan menghambat tumbuhnya dari bahaya kanker usus besar dan memperlancar pencernaan.
  8. Melindung dari serangan jantung dan stroke. Sebab buah apel memiliki kandungan antioksidan dan fitokimia (dalam kulit apel) yang sangat tinggi
  9. Mengatasi masalah sembelit atau pencernaan tidak lancar karena memiliki kadar serat dan vitamin yang sangat tinggi yaitu tiga gram pada setiap buah apel berukuran sedang.
  10. Apel memiliki zat tannin yang cukup tinggi sehingga dapat melindungi dari kerusakan gigi dan penyakit gusi yang disebabkan oleh tumpukan plak. 
  11. Mengobati infeksi saluran kencing. Dari zat tannin jugalah apel dapat mengobati infeksi saluran kencing pada anak-anak atau pun dewasa dengan tanpa resiko efek samping.
Apakah ibu masih ragu untuk menyediakan buah apel di setiap kesempatan makan atau menjadikannya menu buah favorit di rumah? 


Tips menyimpan apel.
  1. Simpanlah buah apel di lemari es/ pendinginsupaya warna apel tidak berubah menjadi coklat.
  2. Sebelum disimpan sebaiklanya apel dicuci dulu sehingga dalam keadaan bersih. Hal ini mengurangi resiko bakteri menempel pada buah apel.
  3. Apel yang telah dikupas sebaiknya langsung dimakan dan jangan disimpan karena akan mengurangi kadar nutrisinya.

0 comments:

Post a Comment