Khasiat buah jeruk untuk mengobati penyakit pada ibu dan anak.

Thursday, December 16, 2010

Obat Herbal - Khasiat buah jeruk untuk mengoobati penyakit pada ibu dan anak.
Jeruk merupakan buah yang sanagt digemari oleh anak-anak dan dewasa. Rasanya yang manis dan segar menambah kenikmatan saat memakannya. Buah jeruk pun memiliki berbagai varietas. Semua jenis jeruk memiliki khasiat tersendiri untuk menambah stamina dan menjaga kesehatan tubuh.
Bukan hanya untuk pertumbuhan anak saja tapi buah jeruk juga memiliki khasiat yang tak kalah pentingnya untuk orang dewasa.

Dalam tulisan ini kami akan mengajak ibu memahami pentingnya konsumsi jeruk untuk kesehatan dengan mengetahui berbagai khasiat jeruk.


1. Jeruk Nipis.
Banyak digunakan airnya sebagai bumbu masakan atau campuran minuman. Aneka punch, shorbet dan cocktail terasa lebih segar dengan menambahkan air jeruk nipis. Warna kulitnya hijau mengkilat, daging buahnya putih kekuningan dan citarasanya sangat asam.
  • Menyembuhkan Batu Ginjal - Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa jeruk nipis mempunyai manfaat mencegah kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Menurut laporan tersebut, dengan mengkonsumsi jeruk nipis timbulnya batu ginjal bisa dicegah.
  • Menyembuhkan Batuk dan influenza - Penyakit ini terjadi karena menurunnya daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman dapat dengan mudah berkembang dalam tubuh kita. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman patogen (kuman yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit) dapat dimatikan oleh tubuh.Biasanya orang menggunakannya dengan cara membelah buah jeruk nipis, kemudian permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih. Lalu dipanaskan, sebelum akhirnya perasan airnya diminum bersama air jernih. Resep ini juga berguna sebagai pemaksa keluarnya dahak.
  • Ketegangan Otot Tangan, Kaki, dan Bagian tubuh lainnya - Kandungan kalsium dan lisin dalam jeruk nipis dapat mempengaruhi kerja otot sehingga otot-otot menjadi lebih rileks. Digunakan dengan cara menggosokkan bagian yang pegal memakai perasan jeruk nipis ditambah dengan sedikit air. Atau dengan merendam bagian yang pegal di air perasan buah jeruk yang telah ditambah air hangat di dalam ember kecil.
  • Menurunkan rasa panas badan, terutama pada anak-anak - Air perasan jeruk nipis ditambah selembar daun sirih, ditambah air hangat, digunakan untuk bahan pengompresan maka rasa panas akan cepat hilang kalau dibandingkan hanya dengan air tanpa campuran.
  • Obat antimabuk - Sebelum atau selama perjalanan panjang meminum perasan air buah jeruk nipis, terutama bagi mereka yang biasa dilanda mabuk perjalanan. Bahkan, bagi orang-orang tertentu hanya dengan mencium bau remasan kulit jeruknya saja sudah lebih dari cukup untuk menghilangkan rasa mabuk di perjalanan walau perjalanan jauh pun.
  • Mengurangi gangguan buang air kecil - Bagi mereka yang menderita gangguan pada saat buang air kecil maka meminum air perasan buah jeruk nipis ditambah gula batu sedikit agar tidak terlalu asam, ternyata banyak manfaatnya. Bahkan, kepenatan yang sering dialami oleh seseorang karena terlalu banyak menggunakan ”otaknya” dengan cara ini pun akan banyak membantu untuk meringankan.
  • Mengecilkan peranakan setelah melahirkan - Di lingkungan masyarakat Jawa, banyak ibu-ibu yang menggunakan air perasan buah jeruk nipis untuk mengecilkan dan ”mengeringkan” peranakan sehabis melahirkan dengan cara mencampur air perasan jeruk nipis dengan kapur sirih, kemudian dijadikan parem, serta dibalurkan ke bagian perut selama 40 hari. Bahkan, ada pula yang kemudian membiasakan meminum air perasan buah jeruk tsb. yang dicampur sedikit garam, sedikit kapur sirih dengan air hangat.
  • Meningkatkan Gairah Seksual - Ambil 2 sdm air jeruk nipis, 1 kuning telur ayam kampung, ¼ sdt lada hitam dan 1 sdm madu murni. Aduk rata dan minum tiga hari sekali.
2. Jeruk Bali.
Jeruk ini berbentuk besar dengan daging buah berwarna putih ataug merah muda. Jeruk ini memiliki cita rasa manis, asam dan segar karena banyak mengandung air. Jeruk bali mengandung vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat. Setiap 100 g jeruk bali mengandung 53 kkal energi, protein 0,6 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 12.2 g, retinol 125 mcg, kalsium 23 mg dan 27 mg fosfor. Kandungan lain seperti flavonoid, pektin dan lycopene menjadikan buah ini semakin kaya akan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan.  Berikut adalah khasiat jeruk bali untuk kesehatan :
  • Mencegah kanker,
  • Menurunkan risiko penyakit jantung,
  • Melancarkan saluran pencernaan,
  • Menjaga kesehatan kulit, mencegah konstipasi,
  • Menurunkan kolesterol dan
  • Mencegah anemia.

 3. Jeruk Manis
 Berikut adalah khasiat jeruk manis bagi kesehatan tubuh ibu dan anak :
  • Memperkuat dinding pembeuluh darah - karena jeruk manis memiliki kandungan bekaroten dan bioflavanoid. 
  • Menurunkan kadar kolestrol -Kandungan pektin dalam jeruk dapat mengahancurkan lemak dan menurunkan kadar kalestrol dalam tubuh. 
  • Mencegah kanker -  Kandungan kandungan flavanoid yang terdapat dalam jeruk manis berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh sehingga dapat menangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan kankerselain itu kandungan flavanoid dapat mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. 
  • Mengobati sembelit, wasir, kanker kolon- Jeruk manis kaya akan kandungan buah dan dan serat (dietary fiber)yang dapat meningkatkan kadar  zat karsinogen di dalam saluran pencernaan sehingga metabolisme menjadi lancar.
4. Jeruk Lemon
Jeruk jenis ini ampir menyerupai jeruk nipis namun warna kulit kuning mengkilat, bentuknya oval dan citarasanya asam. Lemon banyak digunakan pada masakan maupun minuman. Kulit buahnya sering kali untuk campuran cake, cookies maupun minuman segar agar aroma lebih harum. selain itu, jeruk lemon juga memiliki banyak khasiat kesehatan diantaranya adalah :

  • Meningkatkan sistem imunitas dan mencegah influenza - Selain kandungan vitamin C yang melimpah, jeruk lemon juga kaya dengan vitamin B, E, natrium, dan beberapa mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk sisitem imunitas (kekebalan) serta mencegah virus penyebab influenza.
  • Mencegah kanker, jantung dan stroke -  Karena memiliki bioflavanoid yang sangat tinggi sehingga aterosklerosis penyebab jantung dan stroke bisa dihindari.
  • Menurunkan kolestrol - karena memiliki kadar pektin dalam sutiran jeruk lemon.
Sekarang ibu tidak perlu ragu lagi untuk selalu menyediakan jeruk di meja makan dan menyimpannya di kulkas untuk persediaan sebab selain manfaatnya yang banyak, jeruk sangat digenari oleh anak.

0 comments:

Post a Comment