Gejala alergi susu sapi pada bayi

Sunday, December 12, 2010

Gejala alergi susu sapi pada bayi
Alergi susu adalah alergi makanan, suatu reaksi ketidak-tahanan tubuh terhadap suatu protein makanan yang biasanya tidak berakibat apa-apa pada orang yang tidak alergi. Alergi susu sapi terjadi ketika sistem kekebalan (immune system)
tubuh bayi salah dalam menilai, sehingga ia menyangka susu sapi merupakan sesuatu yang membahayakan dan ia bereaksi untuk melawannya. Ini akhirnya memicu reaksi alergi, yang menyebabkan si bayi rewel, gelisah, serta timbul gejala-gejala alergi lainnya.

 Gejala bayi alergi susu sapi :
Gejala ini bisa timbul langsung setelah meminum susu sapi, atau bisa hingga 7-10 hari sesudahnya. Biasanya gejala alergi ini sama dengan gangguan kesehatan lainnya sehingga para ibu harus lebih berhati-hati dalam menanganinya.
  1. Gelisah
  2. Muntah
  3. Pembengkakan
  4. Nafas yang berdesing
  5. Gatal-gatal dan ruam merah pada kulit
  6. Diare disertai darah
Segera konsultasikan alergi bayi pada dokter untuk penanganan lebih aman. Biasanya dokter memberikan saran supaya tidak mengkonsumsi susu sapi dalam 2 - 4 minggu dan menggantinya dengan susu formula lainnya.

Sebagai perhatian bagi para ibu, ASI adalah makanan utama bagi bayi untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. ASI akan melindungi bayi dari alergi dan penyakit lainnya. Maka dari itu berilah ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama,

0 comments:

Post a Comment