Kaemorrhoids - Wasir yang dialami oleh ibu hamil

Sunday, October 24, 2010

Kaemorrhoids - Wasir yang dialami oleh ibu hamil
Wasir dapat ditandai dengan rasa gatal dan sakit disekitar anus. Tekanan kepala bayi dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus membesar. Konstipasi akan membuat parahnya wasir.
Apabila anus terasa gatal, jangan berendam dengan air panas karena akan melebarkan pembuluh darah di daerah anus sehingga terasa lebih gatal.
Kompreslah dengan es batu untuk memperkecil pembuluh darah. Baisanya wasir akan berakhir setelah melahirkan, tapi pada beberapa orang, wasir akan menetap.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah wasir yang terjadi pada ibu hamil :
  1. Memperbanyak makan sayuran yang berserat tinggi. Terutama sayuran mentah
  2. Minum jus buah 1 jam setiap sebelum makan. Di malam hari sebelum tidur, sempatkan untuk minum jus campuran buah pepaya dan pear.
  3. Valerie Ann Worwood dalam bukunya The Fragrant Pharmacy menyarankan mencampurkan 15 tetes sandalwood dengan KY. Jelly. KY Jelly biasanya dikemas dalam bentuk tube, keluarkan seluruh isinya taruhlah dalam pot kecil, baru campurkan dengan minyak esensial. Balurkan pada daerah anal 3 kali sehari. Resep ini dapat dipakai untuk mencegah terjadinya wasir, dibalurkan sebelum wasir. Atau campurkan 1 sendok teh minyak dasar Arnica dengan 2 tetes Geranium dan 2 tetes sandalwood.

0 comments:

Post a Comment