Tiroid atau kelenjar gondok yang terjadi pada anak

Saturday, October 30, 2010

Tiroid atau kelenjar gondok adalah kelenjar yang terletak di leher dan menghasilkan hormon yang berfungsi mengatur laju metabolisme dan mempengaruhi pertumbuhan tubuh. Masalah kesehatan yang utama yang terjadi pada kelenjar tiroid adalah hipotiroid dan hipertiroid.
Hipotiroid terjadi karena hormon tiroid dalam darah sangat rendah akibat kelainan pada kelenjar tiroid atau kekurangan asupan yodium dalam makanan. Hipotiroid biasanya terjadi pada anak yang memiliki gejala seperti ketidakstabilan mental, kulit kering, kaki dan tangan bengkak, kelopak mata turun, rambut kering dan kuku tebal tapi rapuh. 

Hipotiroid juga menyebabkan penyakit gondok atau goiter yang ditandai dengan munculnya benjolan besar di leher. Hipotiroid pada anak bisa mnyebabkan masalah pada pertumbuhan fisik dan perkembangan otak. Kondisi ini disebut kretin atau kerdil. Penggunaan garam beryodium adalah salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit gondok dan kretin.

Pada kondisi hipertiroid atau disebut juga penyakit Grave, terjadi karena ketidakseimbangan metabolisme tubuh akibat produksi hormon tiroid yang berlebihan. Gangguan ini mengakibatkan pembesaran kelenjar gondok (goiter) dan menimbulkan kelainan pada alat tubuh. Gejalanya adalah gugup, kulit terasa panas, kehilangan berat badan tapi nafsu makan bbertambah, berkeringat, diare, jantung berdebar-debar, dan mata menonjol keluar atau melotot.

Hipertiroid biasa terjadi pada usia 30 - 40 tahun, terutama pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan abnormalitas kelenjar gondok. Dapat diobati dengan obat antutiroid den operasi.

0 comments:

Post a Comment