Tips menjaga kesehatan bayi

Monday, October 18, 2010

tips menjaga kesehatan bayi
Bayi yang sehat merupakan dambaan bagi setiap ibu dan keluarga di seluruh dunia. Tidak ada seorang ibu yang menginginkan anaknya sakit ataupun rewel. Untuk menjaga kesehatanbayi ibu perlu mengetahui bahwa kondisi badan bayi sangatlah sensitif tidak seperti kondisi tubuh orang dewasa. Bayi tidak bisa berbicara langsung bahwa dirinya merasakan sakit pada sekitar tubuhnya. Maka dari itu para ibu harus mengetahui dengan teliti kondisi kesehatan bayinya. Kondisi tubuh bayi tidaklah sama pada setiap bayi. Bayi memiliki tingkat sensitif yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah cara menjaga bayi supaya sehat dan kebal akan penyakit :
1. Menjemur bayi di pagi hari
Sinar matahari di pagi hari akan membuat bayi sehat. Akan tetapi menjemur bayi tidak wajib dilakukan seTiap hari. Bayi yang harus dijemur setiap pagi hari adalah bayi yang lahir dalam keadaan kuning. Karena sinar matahari di pagi hari dapat menguraikan bilirubin.
2. Dampingi bayi saat menyusu botol dan jangan ditidurkan
Jangan menidurkan bayi pada saat bayi disusui. Usahan agar kepala agak diangkat sedikit. sehingga air susu tidak mengendap pada gusi anak dan menghindarkan air susu masuk ke salauran eustaschus.  Saluran ini menyalurkan tenggorokan bagian belakang dengan saluran telinga. Jadi bayi tidak mudah terkena sakit pada saluran pendengaran.
3. Mandikan anak dengan air hangat
Air hangat adalah air yang wajib digunakan pada saat bayi lahir. Jangan percaya pada mitos yang mengatakan bahwa anak akan tumbuh sehat jika dimndikan dengan air dingin. Air dingin akan mempercepat proses penguapan dan metabolisme tubuh sehingga bayi akan menjadi lemas.
4. Air liur bukan disebabkan karena keinginan ibu saat hamil tidak terpenuhi
Air liur pada bayi mempunyai banyak arti. Bayi yang akan tumbuh giginya akan lebih sering mengeluarkan air liur. Air liur juga dapat disebabkan oleh perasangan pada rongga mulut dan tenggorokan.
5. Usahakanlah membuat bayi bersendawa setelah selesai makan atau minum.
Mengusahakan beyi supaya bersendawa setelah makan akan mengurangi dan mencegah bayi gumoh (muntah sedikit). Gumoh juga dapat disebabkan karena terlalu kencangnya memakaikan kain gurita pada bayi.
6. Gerakan variasi dalam menggendong.
Menggendong bayi akan membuat bayi menjadi lebih tenag dan tidak rewel. Tapi perlu diingat bahwa bayi yang terlalu sering digendong akan lampat perkembangannya. Menggendong juga bukan suatu alternatif untuk melatih emosi bayi. Ajaklah bayi bermain seperti mengayun ayunkan, meninggikan badah, dan mengajak berjalan. Akan tetapi hal ini harus disesuaikan dengan usia bayi.
7. Mengempeng akan berdampak negatif pada psikologis bayi.
Usahakan untuk memberhentikan bayi mengempeng sebelum usia dua tahun. Karewna mengempeng yang terlalu lama akan menyebabkan bayi ketergantungan akan empeng, dot atau ibu jarinya.
6. Berkan makan bayi anda secara teratur, sehatdan vitamin untuk menjaga kestabilan tubuhnya.

0 comments:

Post a Comment