Panduan cara memijat tubuh bayi dengan benar

Sunday, November 7, 2010

Panduan cara memijat tubuh bayi dengan benar

Pemijatan hanya dapat dilakukan jika bayi dalam keadaan tenang dan nyaman. Bayi yang tidak tenang biasanya bayi akan menolehkan kepalanya ke atas atau arah yang berlawanan dari sang ibu yang memijatnya.
Teteskan minyak telon atau minyak zaitun ke tangan ibu, kemudian mulailah pijat bayi dengan sentuhan yang halus dan lembut, tidak perlu ditekan dengan keras. Gerakan dari tumit menuju ke ujung jari 

Lanjutkan dari pergelangan kaki hingga  paha dan atas pinggul. Pemijatan ini boleh satu per satu atau dua kaki kanan dan kiri bayi sekaligus dalam satu waktu yang bersamaan.

Panduan cara memijat tubuh bayi dengan benar

Setelah bagian kaki selesai, mulailah memijat dari bagian bahu dilanjutkan dada dan perut pada bayi anda. Pijatan di mulai dari dada dengan gerakan seperti di atas. 

Pijat lengan dengan membelai dari bahu ke arah pergelangan tangan. Cobalah untuk tidak mengoleskan banyak minyak pada tangan bayi. Bayi sangat tidak menyukai minyak pada tangan dikarenakan banyaknya aktivitas yang bayi lakukan.

Apabila perut bayi anda tidak dalam keadaan kencang, maka lanjutkan pijatan ke arah perut dengan penuh kehati-hatian. Karena perut bayi sangatlah sensitif. Pijat bayi dengan gerakan memutar searah dengan jarum jam. Jika bayi anda merasa nyaman lanjutkan ke tahapan selanjutnya dan jika tidak maka pemijatan ini dapat disudahi sampai gerakan memutar pada perut.

Panduan cara memijat tubuh bayi dengan benar

Setelah itu pejat wajah bayi dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, pijat mulai dari arah dahi kemudian turun ke pipi bagian luar, lakukan dengan dua tangan sehingga pijatan seimbang di daerah kanan dan kirinya.

Apabila pemijatan dari arah depan tubuh bayi telah selesai, lanjutkan pemijatan dari kepala bayi. Lakukan pijatan dengan gerakan memanjang seperti di atas. Dari kepala, punggung hingga kaki bayi.

Jangan teruskan pijatan anda jika bayi menangis atau tidak nyaman karena hal ini akan mempengaruhi psikologis bayi.

1 comment:

  1. Setelah anakku rutin ku pijat, dia tumbuh menjadi anak yang ceria dan sehat. Dengan memijat sendiri anak kita selain menghemat biaya, juga bisa mempererat hubungan anak dengan orangtuanya.

    ReplyDelete