Cara mendidik anak supaya menyukai sayuran

Friday, November 12, 2010

Cara mendidik anak supaya menyukai sayuran
Pengetahuan yang sangat diperlukan oleh para ibu yang memiliki anak usia balita. Betapa susahnya membuat anak menyukai menu makanan yang terbuat dari sayuran.Padahal sayuran memilii banyak nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan badan dan perkembangan otak anak. 
Berikut adalah tips yang disarankan kepada para ibu supaya anak menyukai sayuran:
1.  Saat bayi usia 0-6 bulan usahakan berikan ASI untuk bayi bukan susu formula.
Rasa ASI yang diberikan oleh ibu kepada bayi akan sangat bervariasi dibandingkan rasa susu formula yang monoton. Rasa ASI akan sangat bergantung pada makanan yang dikonsummsi oleh ibu. Jika ibu memakan buah maka ASI akan memiliki kandungan vitamin yang terdapat pada buah. Jika sang ibu mengkonsumsi sayuran maka ASI yang keluar pun akan memiliki kandungan zat besi.

2.  Ajaklah anak untuk makan bersama dengan keluarga sejak dini.
Walaupun anak masih dalam usia kurang dari satu tahun, usahakan anak tetap diikutkan dalam rutinitas makan bersama. Anak 0 - 6 bulan memang belum diperbolehkan makan makanan selain ASI, akantetapi suasana makan bersama akan mempengaruhi psikologisnya untuk membiasakan diri. Ibu dan bapak mencontohkan bagaimana enaknya makan sayuran dalam waktu makan bersama.

3. Jangan bedakan menu makan anak dengan menu makan orang tua atau kakak-kakaknya.
Orang tua harus mengalah untuk mengkonsumsi yang sama dengan anak-anak. Apabila ingin menyantap makanan yang lain, usahakan jangan sampai anakmengetahuinya supaya hal ini tidak ditiru oleh anak.

4. Mengajak anak untuk berkebun dan menanam sayur-sayuran.
Dengan berkebun anak akan lebih menyukai sayuran, apalagi hasil panennya sendiri. Dengan inilah anak akan menghargai sayuran dan lebih memahami manfaat mengkonsumsi sayuran.

5. Kreatif dalam pengolahan dan penyajian sayuran sehingga anak akan menyukainya.
Sayuran dapat dibentuk bunga, boneka, rumah atau bentuk-bentuk lain yang anak suka sehingga anak akan merasa senang dan menambah nafsu makannya.

6. Ajaklah anak membuat atau menata sayuran sesuai dengan bentuk yang ia suka, tugas ibu hanyalah membimbing anak supaya menyukai dan mau mengkonsumsi sayuran.

7. Jadilah contoh yang baik untuk anak-anak anda.
Anak akan cenderung meniru apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Karena orang tua adalah model yang selalu didambakan oleh anak-anak. Kalau ibu dan ayahnya menyukai sayuran pasti anak-anaknya pun akan menyukai sayuran.

8. Jangan pernah menyerah untuk mencoba menghidangkan sayuran
Walaupun anak susah untuk diajak makan sayuran, tapi ibu tidak boleh langsung menyerah dengan mengganti menu yang bukan terbuat dari sayuran. Akantetapi ibu harus selalu sabar membujuk anak untuk mengkonsumsi sayuran saat sarapan, makan siang dan makan malam demi kesehatan pertumbuhan anak.

0 comments:

Post a Comment